PERBEDAAN KEPENTINGAN

PERBEDAAN KEPENTINGAN


            Kepentingan dasarnya merupakan sebah tingkah laku sebuah individu. Individu bertingkah laku karenan adanya dorongan untuk memenuhi kepentingannya, maka dari itu kepentingan sifatnya opsional bagi kelangsunngan hidup suatu individu itu sendiri. Jika individu tersebut sudah bisa memenuhi kepentingannya maka dia akan merasakan kesenangan dan kepuasan bagi dirinya sendiri.

            Sebaliknnya jika individu tidak  mampu memenuhi kepentingannya ia akan meresa gagal dalam memenuhi kepentingannya dan malah menimbulkan efek negative bagi  dirinya sendiri. Dengan berpegang prinsip bahwa kepentingan maupun perbedaan kepentingan dalam tingkah laku individu cara atau  alat untuk  memenui kebutuhan, maka kegiatan  yang dilakukan oleh sebuah individe dalam masyarakat pada hakikatnya merupakan kepuasan kepentingan tersebut.

Macam-macam perbedaan kepentingan;

1. Kepentingan individu untuk memperoleh prestasi dan posisi,
2. Kepentingan individu untuk dibutuhkan orang lain,
3. Kepentingan individu untuk memperoleh kedudukan didalam kelompoknya,
4. Kepentingan individu untuk memperoleh kemerdekaan diri,
5. Kepentingan individu untuk memperoleh kasih sayang.

            Perbedaan  kepentinngan ini tidak secara langsung bisa menyebabkan terjadinya konflik tetapi mengenal fase-fasenya yaitu fase disorganisasi yang terjadi karena kesalah pahaman, lalu fase dis-integrasi  yaitu tidak setuju dengan orang lain.

CONTOHNYA,

Siswa y lebih senang belajar dengan suasana kelas damai, tidak ada suara atau sunyi karena dia bisa terfokus untuk belajar dengan suasana kelas tersebut, sedangkan Siswa x lebih senang belajar dengan suasana kelas ramai dan mengobrol dengan temanya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman