pembinaan dan pengembangan generasi muda

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN GENERASI MUDA


Pada penjelasan kali ini sebenarnya pembinaan dan pengembangan generasi muda hampir sama maksud dan tujuannya namun kali ini masing-masing akan dijelaskan penjelasannya dan contohnya,


PEMBINAAN

            Pembinaan adalah merupakan suatu usaha yang dilakukan individu atau kelompok untuk membina suatu golongan, kelompok, dan individu lainnya yang masih perlu dibimbing, lalu pembinaan itu merupakan suatu kepribadian yang sempurna dan mandiri  serta dapat bertangungjawab atas tinndakan pembinaan yang dilakukan, atau suatu usaha, pengaruh, perlindungan dalam bantuan yang di berikan kepada anak yang tertuju kepada masa ketiika  anak itu beranjak dewasa, atau lebih cepat untuk membantu anak agar lebih cerdas dan cepat dalam melaksanakan tugas hidup sendiri yang mereka akan lakukan.

Pembinaan merupakan pengaruh yang datangnya dari orang yang lebih tua atau dewasa, serta di tujukan kepada orang yang dibawahnya atau belum beranjak dewasa. Lalu jika menurut istilah pembinaan adalah merupakan Istilah pembinaan atau berarti “ pendidikan” yang bisa dibilang sebagai tindikan pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa atau lebih tua kepada anak yang belum dewasa atau anak muda. Selanjutnya pembinaan atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat kehidupan yang lebih tinggi dan lebih terarah tujuannya dalam arti mental.

Lalu menurut salah satu seorang ahli bernama Yurudik Yahya menurutnya definisi atau pengertian pembinaan adalah “suatu bimbingan atau arahan yang dilakukan secara sadar dari orang dewasa kepada anak yang perlu dewasa agar menjadi lebih dewasa, mandiri dan memiliki kepribadian yang utuh dan matang kepribadian yang dimaksud mencapai aspek cipta, rasa dan karsa.

Contohnya,

Seperti program pembinaan yang dilakukan pemerintah kepada rakyatnya seperti pembinaan melaksanakan kegiatan untuk bertani, berternak, melakukan kerajinan tangan yang ketika dibina akan dilibatkan para ahli dibidangnya untuk membina masyarakat.

Kegiatan pembinaan pemuda dan olah raga merupakan salah satu program pemerintah desa untuk memberdayakan para generasi muda untuk berpartisipasi dalam kemajuan desa. Kegiatan pembinaan pemuda dan olah raga ini dapat salurkan melalui lembaga karang taruna. Adapun bentuk pembinaan pemuda dan olah raga ini dapat berupa penyelenggaraan forum karang taruna, pelatihan dan penyuluhan, dukungan terhadap program-program yang digagas karang taruna, penyelenggaraan lomba yang melibatkan pemuda, penyelenggaraan pertandingan olah raga sewilayah desa, dan masih banyak kegiatan-kegiatan pembinaan lain-lainnya.


PENGEMBANGAN GENERASI MUDA

Hampir sama dengan penjelasan pembinaan yang sudah dijelaskan namun kali ini lebih kepada pengembangan generasi muda,

            Mengapa generasi muda lebih untuk dikembangkan ? karena pertama generasi muda sebagi subjek dan memiliki potensi  bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi, kedua generasi muda sebagai objek karena mereka  yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi tersebut. Bahkan pengembangan generasi muda ini pun terdapat uu yang sudah dibuat dan di sah kan yaitu keputusan menteri nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Bertujan agar semua pihak yang terlibat dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, benar serta tepat sasaran dan terarah. Serta Dalam hal ini generasi muda pun bahkan seharusnya lebih peka terhadap masa depan. Generasi mudapun harus melihat masa lalu dan jangan dilupakan karena masa lalu dijadikan sebagai bahan ajar mereka dan juga contoh mereka. Namun generasi mudapun harus menata masa kini sebagai jalan untuk menggapai masa depan.

Motivasi juga harus terus ditanamkan. Sebagai penyemangat hidup generasi muda dan perlu juga ada sosok panutan yang harus dicontoh generasi . Generasi muda juga harus ikut serta dalam usaha pembangunan negara agar negara ini tidak hancur atau menjadi negara yang monoton. Itu sebabnya diperlukan pembinaan dan pengembangan generasi muda. Agar generasi muda di negri kita ini dapat lebih terarah dan dapat membangun bahkan membanggakan  negri tercinta kita Indonesia ini.
Tetapi arah pengembangan generasi muda pun harus terus di awasi agar tidak menuju ke jalan yang salah dan malah menjadikan generasi tersebut menjadi boomerang.

Contohnya,

            Seperti pengenmbangan generasi muda dalam hal ilmu pengetahuan agar kelak mereka dewasa bisa membanggakan bagii orang lain dan bisa lebih cermat dalam memilih dan menilai sesuatu, lalu dalam bidang olahraga yang bertujuan agar generasi muda menjadi atlet-atle masa depan bangsa yang bisa diandalkan, lalu dalam bidang agama yang bertujuan agar generasi muda tidak terperngaruh paham-paham yang bertolak belakang dan membahayakan orang lain, dan masih banyak yang lainnya.

itulah penjelasan dari pembinaan dan pengenbangan generasi muda yang dapat dijelaskan secara singkat mudah-mudahan bermanfaat untuk  para pembaca .


referensi :



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman