Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila


KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA

Hasil gambar untuk industri 4.0

Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut “Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia” hal ini merupakan tujuan negara hukum formal, serta adapun rumusan “Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa” hal ini merupakan tujuan negara hukum material, yang secara keseluruhan sebagai tujuan khusus atau nasional. Adapun tujuan umum atau internasional adalah “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Jika dihubungkan dengan konsep revolusi industri 4.0 terutama di Negara Indonesia kuat kaitannya dengan Pancasila karena hakikat kedudukan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung suatu konsekuensi bahwa dalam segala aspek pembangunan nasional kita harus mendasarkan pada hakikat nilai-nilai Pancasila.
konsep revolusi industri 4.0 yang  berbasis Pancasila haruslah sejalan dengan tujuan Pancasila Karena akan menyangkut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dimana Iptek pada hakekatnya tidak bebas nilai namun terikat oleh nilai. Pengembangan Iptek sebagai hasil budaya manusia harus didasarkan pada moral Ketuhanan dan Kemanusiaan yang adil dan beradab. Industri 4.0 harus mengikuti cita-cita dari Pancasila tersebut sehingga teknologi-teknologi yang terdapat dalam industri 4.0 konsep yang dihadirkan tidak meninggalkan dan menghilangkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar Indonesia berdasarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Belakangan ini kita sering mendengar dan melihat berbagai berita mengenai revolusi industri 4.0, bahkan pemerintah sedang gencar-gencarnya membahas tentang revolusi industri 4.0 yang  ditandai dengang minculnya dunia cyber-physical dimana industry mulai menyentuh dunia internet of things. Kehadirannya pasti akan merubah banyak hal dalam nilai-nilai pancasila yang dahulu internet of things hanya sebatas media pencarian informasi tetapi di revolusi industri 4.0 akan berkembangnya robot hingga self driving car. Tools atau alat analisa dan evaluasi terhadap penerapan teknologi yang dimanfaatkan oleh industri di Indonesia. “Jadi, nantinya didapatkan gambaran yang utuh mengenai penggunaan teknologi tertentu oleh industri serta tahapan yang harus disiapkan industri dalam penerapan teknologi industri 4.0”.
Diuraikan dengan 5 sila yang ada dengan konsep industri 4.0 kita akan melihat sejalan dengan pancasila Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, konsep Industri 4.0 harus mengkomplementasikan ilmu pengetahuan, mencipta, keseimbangan antara rasional dan irasional, antara akal, rasa dan kehendak, tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan, dibuktikan dan diciptakan tetapi juga dipertimbangkan maksud dan akibatnya apakah merugikan manusia dengan sekitarnya.
Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, konsep Industri 4.0 harus memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan Iptek harus bersifat beradab.
Sila Persatuan Indonesia, konsep Industri 4.0 harus mengkomplementasikan pengembangan Iptek hendaknya dapat mengembangkan rasa nasionalisme, kebesaran bangsa serta keluhuran bangsa sebagai bagian dari umat manusia di dunia.
Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan konsep Industri 4.0 harus memiliki kebebasan untuk mengembangkan Iptek juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan harus memiliki sikap yang terbuka untuk dikritik, dikaji ulang maupun dibandingkan dengan penemuan ilmuwan lainnya.
Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, konsep Industri 4.0 harus mengkomplementasikan pengembangan Iptek haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara serta manusia dengan alam lingkungannya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman