PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PERUBAHAN BUDAYA DI INDONESIA

PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PERUBAHAN BUDAYA DI INDONESIA



A. Pertumbuhan penduduk
   
     Secara umum pertumbuhan penduduk pastinya berkaitan dengan bertambahnya atau bahkan sebaliknya yaitu penurunan jumlah suatu penduduk di suatu negara atau daerah, ada yang mengalami pertumbuhan penduduk secara signifikan maupun tidak. Pasti karenanya pertumbuhan penduduk itu disebabkan karena beberapa faktor, namun dilihat dari faktor yang sering terjadi ada tiga hal yaitu,

1.faktor disebabkan karena Kelahiran (natalitas), kelahiran tersebut terjadi pastinya karena produktifitas si manusia tersebut yang dibarengi dengan hawa nafsunya, bahkan di suatu negara jumlah kelairan itu ada yang dibatasi karena sudah padatnya jumlah penduduk di negara tersebut.

2. faktor disebabkan karena Kematian (mortalitas), kematian pastinya bakal berhubungan dengan penurunan jumlah pertumbuhan penduduk yang bisa disebabkan karena sudah takdir atau hal ekonomi bahkan hal - hal yang bisa membuatnya menjadi frustasi.

3.faktor disebabkan karena Perpindahan Penduduk ( imigrasi ), perpindahan penduduk pastinya akhir - akhir ini sering terjadi terutama penduduk yang berada di daerah timur tengah yang disebabkan karena memanasnya kondsi di timur tengah yang berakibatkan perang dan akhirnya menimbulkan banyak korban terutama korbannya anak kecil, maka dari itu banyak warga dan penduduk Timur Tengah berimigrasi ke negara yang aman seperti Turki, dan Eropa bahkan ke Indonesia. Imigrasi juga dibagi menjadi 2 yaitu, imgrasi yang dapat menambah jumlah penduduk yang biasa disebut migrasi masuk ( imigrasi ), dan selanjutnya yaitu imgrasi yang dapat menurunkan jumlah pendduduk yang biasa disebut migrasi keluar (emigrasi).

       Dari ketiga faktor tersebut bisa disimpulkan bahwa kelahiran dan kematian terjadi karena faktor alami, sedangkan perpindahan penduduk terjadi karena faktor non alami. dan juga dari pertumbuhan penduduk dilain pihak malah akan menjadi sebuah beban bagi pemerintah karena pastinya manusia membutuhkan kebutuhan hidup sehari - hari seperti, sandang, pangan, serta persediaan prasarana kebutuhan hidup dan lapangan kerja. Ada pula yang berpendapat bahwa Pertumbuhan  penduduk disuatu negara atau daerah bisa menjadi modal suatu pembangunan didaerah tersebut karena ketersediaannya SDMnya.

      Pertumbuhan penduduk ini lah yang menjadi pengetahuan sangat penting untuk lembaga - lembaga di daerah dan pemerintah tingkat pusat. Karena anntinya jika sudah ada data tentang pertumbuhan penduduk ini mulai dari bertambah atau berkurang jumlahnya yang akan menjadi acuan dan patokan untuk pemerinatah untuk melakukan perencanaan - perencanaan tentang lapagan kerja, pendidikan, perpajakan, dan perusahaan yang bergerak dalam bidang dan jasa yang akan llebih akurat jika mempunyai datanya. seperti di Indonesi faktor yang riskan untuk pemerintah adalah kemiskinan  yang terjadi dipulau Jawa karena pertumbuhan penduduk yang padat, bahkan sebaliknya kemiskinan terjadi kerena pertumbuhan penduduk yang kurang di luar pulau Jawa.

         Setiap pertambahan pertumbuhan penduduk selalu dikaitkan dengan angkatan kerja baik dari tamatan SD, tidak tamat SLTP, sampai tidak tamat perguruan tinggi, inilah yang dinamakan permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia karena pertuumbuhan penduduk inilah daya saing untuk lapangan kerja menjadi ketat. Dan sebaliknya jika penguranga pertumbuhna penduduk dama juga dampak yang terkait adalah angkatan kerja terutama di perusahaan - perusahaan negeri maupun swasta yang pastinya membutuhkan suatu SDM ( sumber daya manusia) yang jika SDM itu kurang plna yang akan dijalankan malahan mendatangkan pekerja - pekerja dari asing yang membuat daya saing pun menjadi susah untuk penduduk asli. kita ambil contoh dai negara A, pertambahan penduduk yang terjadi di A bukannya dimanfaatkan untuk membuka lowongan-lowonan kerja yang lebih luas untuk memanfaatkan SDM asli negara A tetapi malah sebaliknya mendatangkan pekerja - pekerja asing dari C yang padahal latar belakanggnya tidak lebih baik dari penduduk asli, itulah yang menjadi catatan penting bagi pemerintah A tidak memanfaatkan pertumbuhan penduduk.

        Dan pada intinya dari Pertumbuhan penduduk, yang terjadi pertambahan maupun pengurangan ternyata memiliki dampak - dampak yang berbeda jika pertambahan pertumbuhan penduduk bida menjadi menguntungkan maupun merugikan, sam halnya dengan pengurangan pertumbuhan penduduk bisa menjadi menguntungkan maupun merugikan tergantung bagaimana sikap pemerintah dan dalam mengelolanya.

Dari pertumbuhan penduduk terutama dlam faktor perpindahan penduduk (migrasi) pasti adanya perbedaan budaya yang timbul  dari penduduk asing dan asli terutama di Indoneisa, maka pasti munculah pertanyaan dan pastinya akan menjadi topik pembahasan berikutnya  yaitu dibawah ini, 
     
B. Kenapa budaya barat dengan gampang nya bisa masuk ke Indonesia ?

         Kenapa budaya barat dengan gampangnya bisa masuk ke Indonesia ? karena masyarakat Indonesia menganggab budaya sendiri itu kuno serta ketinggalan zaman, sebulumnya budaya barat simplenya adalah budaya yang berasal dari kebiasaan atau adat (ciri khas) di negara bagian barat seperti eropa dan A.S. mudahnya budaya barat ini masuk disebabkan karena faktor -faktor seperti,

1. faktor proses masuknya, ini lah yang harusnya menjadi perhatian khusus pemerintah bahkan masyarakat Indonsia karena tidak bisa dipungkiri di era globaisasi ini teknologi menjadi salah satu mudahnya masuk budaya asing seperti teknologi informasi karena setiap orang bisa dengan mudahnya  membuka dan mengakses media - media sosial, bahkan proses tersebut menjadi acuan masuknya aspek dalam kebudayaan barat seperti fasion, makanan, etika pergaulan, sampai tata krama. disinilah tinggal bagaimana kesadaran kita menyikapinya.

2. faktor barang dan jasa, faktor ini pun bisa menjadi aspek masuknya budaya asing ke indoneisa karena dengan era sekarang barang dan jasa dari barat dengan mudah masuk ke Indoneisaa dan membanjiri permintaaan dari masyarakat Indonesia, kalau dengan barang misal seperti makanan dan mainan anak2 yang mungkin jika dibudaya kita makanan-makanan tradisional dari daerah di Indonesia  dan mainan-mainan tradisional, pikiran - pikiran kita ini yang menganggapnya kuno dan memilih barang dan jasa dari barat yang kita anggap "kekinian". kerugian dari budaya barang dan jasa dari barat yang masuk membuat barang dan jasa lokal tersaiingi bahkan mulai musnah dan keuntungannya pun ada yaitu dari pajak yang dibayarkan ke negara Indonesia.

3. faktor budaya genre musik, alat musik dan lagu dari barat, siapa yang tidak suka mendengar musik-musik dari barat yang membuat anak-anak muda bahkan orang dewasa di indonesia tergila - gila dengan musik barat yang didalamnya terselip hal-hal dari budaya barat dan jelas - jelas bertolak belakang dengan apa yang ada di budaya Indonesia ini sama saja penjajahan selera  budaya baangsa kita. padahal musik - musik tradisional kita inilah yang menjadikan ciri khas dari Indoneisa, lagi-lagi faktor ini tergantung dari kesadaran setiap individu masyarakat indonesia.

dan masih banyak faktor - faktor lainnya, dan pada intinya tinggal kita pilih kanan atau kiri pilih budaya sendiri atau budaya barat, dan pada akhirnya budaya Indoneisa diakui negara lain baru lah kita - kita ini merasa marah yang padahal kita lah yang mengabaikan budaya Indonesia.

Menurut saya perubahan budaya di Indonesia saat ini adalah lebih dominan memprihatinkannya (negatif) dari pada manfaatnya (positif) , kenapa memprihatinkan ? karena, pengguna - pengguna dari perubahan budaya di indonesia rata - rata adalah remaja yang jauh dari pengaplikasian budaya indonesia. bisa dilihat dari cara berpakaiannya, cara berkomunikasi, cara berfikir, dan cara pergaulannya, dari pengaplikasian budaya non Indonesia itu hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan/terjadi malah dilakukan ambil contontohnya seperti, hamil diluar nikah yang pelaku dan korbannya masih dibawah umur, tidak hormat dengan guru bahkan sampai ada yang membunuhnya dan menganggapnya biasa saja malahan menjadi tren-tren nya jaman sekarang serta tak kalahnya buat mereka untuk menjadi kebarat-baratan yang mengakibatkan peminat dari penggunaan bahasa daerah semakin jarang.

    bentuk lain dari perubahan budaya yang terjadi di Indonesia adalah tersaingkannya budaya asli Indonesia, perlu diketahui tidaksedikit kebudayaan kita mulai punah, tetapi itu tidak menjadi catatan penting karena minat masyarakat indonesia lebih ke budaya asing. padahal hal ini sangat memprihatinkan karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan budaya asli Indonesia, walaupun dampak negatifnya agresif ada beberapa dampak positifnya yang perlu diketahui seperti,

1. Perubahan budaya di Indonesia ini membuat masyarakatnya menjadi terbuka dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau lebih update sehingga masyarakat bisa berinovasi dan tidak ketinggalan informasi-informasi penting tentang dunia luar.

2. mungkin dalam halnya penggunaan alat-alat yang lebih modern dari dampak perubahan budaya ini membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif dalam penggunaannya yang membuat produksi lebih cepat dan banyak.

3. menjadikan masyarakat Indonesia memiliki sikap siap bersaing agar tidak tergerus arus perubahan budaya ini, yang mau tidak mau kita harus siap dan benar-benar siap menghadapinya untuk bersaing.

Dari perubahan budaya di Indonesia saya berharap pemerintah punturut aktif dan ikut dalam menanganinya agar tidak berdampak buruk bagi negara Indonesia, tetapi semua akan baik-baik saja jika masyarakat tidak bernafsu dan memiliki kesadaran diri yang kuat untuk menghadapi.

Referensi:

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/1328/1124&ved=2ahUKEwi4-aaWwf7ZAhUGo48KHTUTBuAQFjACegQIBxAB&usg=AOvVaw3B-g-2mgsoEIh-P0otU7qU

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/download/243/pdf_1&ved=2ahUKEwj5_MCGwv7ZAhUHNo8KHVeXBRUQFjAFegQIABAB&usg=AOvVaw1bjr_jmy-zmA6JyvwecVow

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://download.portalgaruda.org/article.php%3Farticle%3D392525%26val%3D6178%26title%3DMedia%2520dan%2520Perubahan%2520Sosial%2520Budaya&ved=2ahUKEwiVnfOsw_7ZAhXLLI8KHWgCAgwQFjAFegQIAhAB&usg=AOvVaw12FMusSEBCVgCTNaKv7yG1
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman