Diskriminasi & Ethosentris

Diskriminasi & Ethnosentris

Mari mengenal apa itu Diskriminasi dan Ethnosentris yang mungkin biasa kita temukan di keseharian kita atau berita-berita yang kita sering liat yang berhubungan dengan dua materi tersebut.

A.Diskriminasi

Image result for diskriminasi
Apa itu diskriminasi ?
Maka akan kembali lagi kepenjelasan secara umumnya, kerena penjelasa secara umumnya mudah dipahami untuk orang-orang yang awal untuk mengetahui diskriminasi.

Diskriminasi secara umum,
            Adalah perbedaan perilaku. Apa yang dimaksud perbedaan perilaku itu ? nah, perbedaan perilaku tersebut disebabkan atas dasar, golongan, suku, etnis, agama, ekonomi, dll.

Menurut para ahli seperti Theodorson,
            Diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal/atribut – atribut yang berhubungan dengan lingkungan social masyarakat secara luas.

Diskriminasi terjadi atau muncul dari tingkatan yang paling rendah sekalipun, dalam arti lain seperti berprasangka buruk terhadap oranglain padahal belum tau hal yang sebenarnya terjadi, dan terjadi hanya karena berasal dari sebuah individu/kelompok social tertentu seperti agama, ras, etnis, atau golongan lainnya.

Bagaimana diskriminasi bisa terjadi dimasyarakat/lingkungan sekitar ?

            Dari yang sudah dijelaskan diskriminasi terjadi dan biisa terjadi pada tingkatan terndah. Seperti, prasangka – prasangka yang terjadi dimasyarakat umum. Yang mealah membedakan “kita” dan “orang lain”, dari dikriminasi ini sering terjadi karena keidak pemahamannya, ketidak pengertiannya kelompok “mereka” yang mengakibatka sebuah kesalah pahaman dan timbulah diskriminasi itu sendiri.

            Apa lagi suatu kelompok yang sedah menCap buruk kelompok lainnya yan terjadi hanya sebuah pendapat dan lama – kelamaan malah menjadi sebuah aksi nyata diskriminasi.

Dampak dari sebuah diskriminasi terhadap individu/kelompok.

            Jika individu/kelompok mengalami dskriminasi dampak yang akan terjadi adalah seperti pengucilan, perendahan, dan tidak diakuinya suatu individu/kelompok yang menyebabkan seolah-olah masusia yang di diskriminasi sudah tidak punya hak cipta/menjadi manusia sehingga kehilangan kemanusiaannya, padahal manusia memiliki hak asai manusia..

            Dari dampak-dampak diskriminasi terjadi ungkapan – ungkapan yang dilontarkan kepada manusia yang di diskriminasi menjadi sangat rendah derajatnya diantara manusia – manusia lain, serta ungkapan yang biasa dilontarkanpun seperti (dalam suku) “ Jangan berteman dengan etnis/suku B, nanti kamu dirugikan….! “, ( dalam agama) “ Jangan menikah dengan orang itu, agamanya beda nanti kamu malah terasingkan”. Tentu masih banyak lagi ungkapan – ungkapan yang bisa menciptakan sebuah diskriminasi karena diskriminasi paling mudah terjadi karena sebuah omongan yang menjdai  sebuah aksi.

Contoh – contoh diskriminasi yang terjadi,

Diskriminasi etnis,
            Contoh dari diskriminasi etnis seperti yang terjadi pada konflik Rohingnya di negara Myanmar, padahal Etnis Rohingnya adalah penduduk asli Myanmar namun saat ini Rohingnya sering diperlakukan secara diskriminatif oleh pemerintah/rezim Myanmar. Karena etnis Rohingnya menjadi minoritas denganmayoritas masyarakat Myanmar, apalagi dengan kondisi etnis Rohingnya seorang muslim, dan pemerintah Myanmar malah mengangap mereka bukanlah bagian dari Myanmar. Maka terjadilah pembunuhan massal terhadap Rohingnya perusakan pemukiman, dll yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar yang benar-benar melanggar hak asasi manusia.

Diskriminasi ras,
            Contoh diskriminasi ras seperti yang terjadi di Amerika yaitu perbedaan ras orang berkulit putih dan orang yang berkulit hitam yang dimulai karena orang kulit putih mendiskriminasi orang berkulit hitam.karena dari ceritanya orang kulit putih membawa banyak orang berkulit hitam ke benua sebagai budak dan pekerja. Tradisi ini yang menjadikan orang berkulit hitam terendhkan, maka dari itu orang hyang berkulit hitampun tidak terima diperlakukan seperti itu maka munculah konflik-konflik yang sering terjadi sampai sekarang walaupun tidak sepanas konflik jaman sebelu presiden Barrack Obama.

Diskriminasi agama,
            Contoh diskriminasi agama seperti yang terjadi konflik yang terjadi antara rezim Israel dan Palestina, karena tidak bisa dipungkiri dan memang nyata dan terjadi terhadap saudara - saudara kita kaum muslimin di tanah suci negri palestina, dari diskriminasi, penyiksaan, dideportasi, dan pembunuhan yang kejam anak – anak kecil menjadi korban. Bahkan hal ini juga memprihatinkan bagi setiap non muslim  yang ia telah diberikan akal, rasa keadilan, itu semua dilakukan oleh rezim yahudi Israel  untuk menguasai tanah – tanah milik negara Palestina dan mengusir serta mendeportasi rakyat Palestina dari tanh kelahiran mereka, dan mereka musuh – musuh islam menghalalkan permusuhan dengan merampas paksa tempat tinggal mereka, musuh – musuh yang memiliki gudah senjata dengan persenjataan yang modern untuk membunuh dan mengusir rakyat Palestina yang ingin dikuasai rezim yahudi zionis Israel. Itu pun tidak terjadi pada muslim palestin non muslim palestina pun seperti itu bahkan non yahudi dinegara Israelpun seperti tidak dianggap menjadi dari bagian negara tersebut.

Diskriminasi ekonomi,
            Contoh diskriminasi ekonomi seperti yang terjadi sampai sekarang antara orang kaya dan orang kurang mampu. Antara hawa nafsu dan gengsi yang menjadikan kehidupan ini harus begitu berlandaskan uang dan uang sehingga yang punya uang akan maju yang tidak punya pasrah dengan keadaannya dari situ yang menjadikan diskriminasi dilingkungan masyarakat sekarang.

B.Ethnosentris

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang ethnosentris / ethnosentrisme, maka mari mengulas terlebih dahulu apa itu ethnosentris.

              Ethnosentris atau bisa juga disebut ethnosentrisme adalah suatu kecendrungan kita atas budaya kita sendiri untuk mengevaluasi nilai, kepercayaan, dan sebuah perilaku atas dasar kultur sendiri sebagai lebih bagus, lebih layak, lebih logis dari pada sebuah budaya atau kultur lainnya. Kemudian ethnosentris bisa dikatakan sebagai bagian dari “paham” dimana para pengikut suatu kebudayaan si A atau suatu kelompok suku bangsa si A menurutnya lebih superior atau lebih dan lebih hebat dari pada kebudayaan si B atau suatu kelompok suku bangsa si B, maka dari itu ethnosentris atau ethnosentrisme masih ada hubungannya dengan diskriminasi suatu budaya yang menimbulkan keberpihakan sikap “kami” dan “mereka” kurang lebih seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang driskriminasi.

            Dari ethnosentris ini melihat budaya yang sekarang kita pakai atau miliki sebagai pusatnya dan tidak ada lawannya yang membuat budaya kita sebagia realitas abadi dan kuat sebagai penguasa semua komunikasi dan hubungan dengan budaya lain, yang menimbulkan  kepercayaan diri yang lebih terhadap kebudayaan kita sendiri.

            Serta dari yang dilihat dan dari pendapat Porter dan Samovar, bahwa sumber utama perbedaan budaya dalam sikap adalah ethnosentris/ethnosentrisme. Yaitu memamdang individu/kelompok lain secara tidak sadar dengan menggunakan individu/kelompok kita sendiri dan suatu hal yang biasa kita lakukan sebagai kriteria unntuk segala penilaian (lebih ungul dalam semua aspek dengan individu/kelompok lainnya).

            Ethnosentris ini melahirkan jiwa kesetiaan kita untuk terus memakai kebudaya kita sendiri dan menganggapnya lebih baik, logis, serta bagus dari pada  kebudayaan lainnya, serta kelompok kita sendiri pun kita anggap berbeda dari kelompok lainnya, dan disetiap kelompok – kelompok tidak semua anggotanya sama ethnosentris, karena ethnosentris cenderung kuran terpelajar / kurang bergaul dalam artian lain kurangnnya pengetahuaan.

Apa saja pengaruh dari ethnosentris ?

dari yang mungkin kita sudah diketahui dan bahas tentang ethnosentris munkin dapat kita lihat dari penjelasan tersebut pengaruh – pengaruh ethnosentris.

  Dapat meningkatkan serta mengembangkan kesetian dan moral suatu kelompok, Coba kita bandingkan kelompok toleran dengan kelompok ethnosentris,dapat dikatakan bahwa kelompok  ethnosentris lebih bertahan dari kelompok toleran karena jika tanpa ethnosentris, kebudaya yang kita punya tidakakan bertahan dan kesadaran diri seseorang terhadap nasionalisme mungkin sama sekali tidak akan terjadi.

     Menghambat dan mencegah terhadap perubahan – perubahan, Melihat dari negara-negara maju sekarang ternyata mereka sudah mengaplikasikan ethnosentris dari dulu – dulu, kita ambil satu contoh  saja negara dengan budayanya yang tak pernah terganti/terpengaruh dengan udaya dari negara lain, yaitu negara Jepang. Jepang sudah mengaplikasikan ethnosentris suadh dari abad ke–19, karena jepang tahu ethnosentris  ini digunakan untuk menghambat/mencegah masuknya usnsur asing ke budayaannya. Tetapi walaupun ethnosentris di jepang dapat menhambat kebudayaan asing masuk tidak sepenuhnya berhasil karena perubahan terjadi di negara jepang, karena kalua dilihat dari perkembangannya kebudayaan tidak pernah statis, di setiap kebudayaan butuhh perubahan untuk kelangsungan dan mempertahannka budaya tersebut, jadi dalam situasi-situasi tertentu ethnosentrias dapat meningkatkan dan mempertahankan kestabilan kebudayaan dan kelangsungan hidup kelompok. Serta bukan cuman mempertahankan suatu kebudayaan tetapi ethnosentris dapat meruntuhkan sebuah kebudayaan lainnya.


Dampak – dampak dari ethnosentris

Tentu dilihat dari ethnosentris itu, pasti punya dampak positif dan negatifnya yang harus ditanggung setiap kelompok yang mengaplikasikan ethnosentris.

a.Dampak positif
  1. ·      Untuk menghambat dan mencegah masuknya kebudaya asing,
  2. ·        Untuk menjaga keutuhan suatu budaya,
  3. ·. Dapat meningkatkan sikap cinta kepada bangsanya sendiri atau sikap terhadap kesetian terhadap bangsa sendiri,
  4. · Tidak terpengaruh terhadap godaann kebudayaan asing.

b.Dampak negative
  1. ·   Dapat memicu tindakan diskriminatif terhadap kebudayaan lain,
  2. ·  Tidak dapat mengembangkan kebudayaannya menyesuaikan dengan era modern,
  3. ·     Menimbulkan konflik antar kelempok yang satu dengan yang lain,
  4. ·    Menghambat penyatuan dari setiap kebudaya walaupun kebudayaan itu sama-sama dalam satu negara.
Contoh – contoh ethnosentris

  1. 1.Menjaga keutuhan suatu kebudaya di negara sendiri dari kebudayaan asing,
Seperti halnya kita ini sebagai masyarakat bangsa Indonesia yang diwarisi kebudayaan yang melimpah yang mengharuskan kita dan mewajibkan kita untuk menjaga keutuhan suatu kebudayaan entah dari pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali, Lombok, Dan intinya semua kebudayaan yang termasuk dalam kebudayaan di Indonesia, karena menjaga keutuhan kebudayaan sama saja menjaga harga diri bangsa. Kemudian kita diharuskan bagaimana untuk kita tidak terpengaruh budaya asing yang masuk, seperti fakta membuktikan ketika kita larut dalam budaya asing sehingga kita lupa ada salah satu kebudayaan kita yang ingin dijadikan hak milik negara asing, apakah kita ridho untuk melepasnya.

  1. 2  Ethnosentris berlebihan yang menyebabkan terjadinya perang suku,
Perang suku sering terjadi terutama di Indonesia, peperangan tersebut karena sikap ethnosentris antar kedua suku tersebut cukup berlebihan yang mengakibatkan suasana yang panas, serta konfilk suku tersebut terjaddi bisa karen “pemaksaan” unsur – unsur kebudayaan dari warga sebuah suku terhadap warga suku yang lainnya. Seperti contohnya saja perang bersekala besar antara suku Dayak dan suku Madura, perang tersebut terjadi jelaas karena perbedaan kedua suku tersebut, dari ssegi manapun. Seharusnya kita ini selalu ingat sikap ethnosentris itu boleh asal tidak berlebihan apa lagi memicu peperangan yang bahkan sama – sama berada di satu negara. Maka terapkanlah dengan menyeluruh semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti Berbeda – beda tetapi tetap satu.


Itulah penjelasan dan contoh-contoh mengenai Diskriminasi dan Ethnosentris semoga dengan adanya penjelasan dan contoh-contoh dari masing – masing materi bisa menambah wawasan kita

Referensi :

Share:

1 komentar:

  1. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    BalasHapus

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman