MANUSIA DAN PENDERITAAN

PENDERITAAN DAN PERJUANGAN

Related image
      Penderitaan dan Perjuangan sebenarnya memiliki keterkaitan antara keduanya karena ketika penderitaan itu datang pasti akan hadir sebuah perjuangan yang harus kita lakukan untuk menghadapi penderitaan tersebut. Dan bagaimanapun penjuangan tersebut akan menghadirkan hal tak di duga-duga apa akan ada penderitaan atau sebuah hasil yang kita inginkan dari sebuah perjuangan tersebut , yang mau tidak mau harus kita terima, karena tidak ada perjuangan yang tidak membuahkan hasil. Setelah perjuangan telah dilakukan maka hasilnya serahkan lah semuanya kepada ALLAH S.W.T sebab kita hanya tinggal terus berdoa kepada-NYA setelah perjuangan tersebut.

          Ada saatnya kita mengetahui lebih mendalam apa itu PENDERITAAN DAN PERJUANGAN agar kita lebih paham  lagi maksud dan arti-artinya, yang saya akan bahas di artikel ini.

  • PENDERITAAN
Gambar terkait
           Penderitaan adalah berasal dari kata derita, artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Dan pederita itu juga ada tingkatan-tingkatannya yaitu ringan, sedang, dan berat yang semuanya bergantung pada peranan si individu itu sendiri yang bisa mengaturnya. Yang seperti kita ketahui penderitaan itu adalah langkah awal seorang manusia unrtuk bisa bangkit serta ikhlas untuk menuju kesuksesan.

         Suatu peristiwa  yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang. Berbagai pengaruh dari penderitaan dapat dikategorikan bersifat positif dan negatif tergantung dari masusia menghadapinya karena "hidup adalah berjuang karena hidup adalah perjuangan"

Penyebab penderitaan bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti dibawah ini:
  1. Hubungan tidak baik antara manusia denngan manusia yang lain ysng merngakibatkan penderitaan didasari oleh beberapa hal-hal, seperti rasa dengki, iri, sakit hati, dll. Serta hal lain yang bisa berakibat buruk manusia kemanusia lain yang dapat memicu penderitaan tersebut.
  2. Kerakusan hanya karena harta sehingga bisa menimbulkan bencana alam karena pemanfaatan dari harta yang tidak baik.
  3. Hubungan tidak baik manusia dengan alam karena si manusia itu sendiri yang hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak menghiraukan dampak nyata karena hal yang dia lakukan terhadap alam dan yang harus dihadapi sudah pasti sebuah penderitaan.
     
               Jadi intinya penderitaan itu harus kita lewati dengan ikhlas karena pasti ada hikmah nya dari penderitaan tersebut untuk membuat kita lebih baik lagi kedepannya dan menjadikannya motivasi hidup bagi diri kita sendiri jangan pernah takut atas penderitaan itu sendiri karena bisa jadi itu menjadikan kita mengerti apa yang sudah kita lakukan sebelumnya dan tidak akan kita ulangi lagi dikemudian hari.

  • PERJUANGAN
Gambar terkait
             Perjuangan adalah dimana manusia ingin mencapai tujuannya yang ingin dicapainya dengan cara nya sendiri dan hasilnya tergantung dari simanusia itu apakah ia mampu berjuan dengan seungguh-sungguh tidak hanya sekedar berjuang tapi mengerti tujuan dia berjuang untuk apa. Perjuangan itu bisa dari apa saja harta, tenaga, pemikiran.

            Arti dari perjuangan teersebut adalah usaha dan kerja keras meraih sesuatu yang diharapkan demi kemuliaan dan kebaikan. Dalam sebuah perjuangan terdapat berbagai macam habatan, semakin kita mengalami berbagai masalah semakin mudah kita menghadapi masalah yang muncul. Pada masa penjajahan perjuangan adalah segala sesuatu yang dilakukan dengan pengorbanan, peperangan dan diplomasi untuk memperoleh sebuah kemerdekaan.

             Perjuangan yang dilakukan itu tidak boleh atas dasar hendak semuannya atas berkuasa dan memerintah, atas dasar hendakkan pangkat dan nama, atas dasar menegakkan bangsa, dan atas dasra ingin menghapus kezaliman yang telah dilakukan dan perjuanagan itu dilakukan bukan karena keterpaksaan tetapi karen kemaun dari dalam diri sendiri.


Penyebab perjuangan bisa terjadi dari berbagai hal, seperti dibawah ini:
  1. Perjuangan bisa terjadi karena manusia itu ingin bangkit karena penderitaan yang dia hadapi semata-mata untuk bangkit dan lebih baik lagi dari sebelumnya.
  2. Hubungan manusia dengan manusia lain. karena didasari persaingan antara keduanya diapa yang  akan berhasil dan yang gagal disitulah perjuangan untuk mencapain keberhasilan dilakukan sengan sungguh-sungguh.
  3. Perjuangan juga bisa terjadi karena keingin untuk memiliki yang diinginkannya agar bisa terlaksanakan/tercapai, sehingga ada rasa puas tersendiri yang terjadi pada diri manusia atas perjuangan yang telah dia lakukan.  
            Jadi intinya perjuangan itu memang harus dilakukan oleh manusia karena dengan perjuangan kita bisa bersaing dan karena perjuagan kita bisa bangkit dari sebuah penderitaan yang terjadi. Tapi perlu diingat perjuanagan juga harus di selingi dengan niat yang baik dan berdo'a kepada ALLAH S.W.T,  karena dengan kekuatan do'a itu lah yang bisa dikatakan keberhasilan yang akan didapat dan pasrahkan hasilnya semua kepada NYA 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman