PEMUDA DAN SOSIALISASI

PEMUDA & SOSIALISASI

Setelah melakukan sosialisasi dengan melakukan sebuah wawancara langsung kepada seorang pemuda yang beraktifitas sehari-hari sebagai Mahasiswa di Universitas Gunadarma, Mahasiswa ini bernama Adit dan berada di jurusan Sistem Informasi, kelas 2K32 (tingkat dua). Dan saya memberikan tiga buah pertanyaan pokok kepada saudara Adit yaitu,

1. Masalah generasi muda ?

2. Kegiatan yang diikuti di masyarakat ?

3. Apa arti penting pendidikan dan untuk apa pendidikan itu ?

Dari ketiga pertanyaan tersebut saudara adit dapat memberikan alasan dan tanggapannya dengan penuh, dimulai dari pertanyaan pertama,

    Dengan masalah generasi muda saat ini apa tanggapan dan penjelasan saudara Adit mengenai hal tersebut ?, saudara Adit menjawab dan menanggapinya bahwa generasi muda saat ini adalah susah untuk mendengar nasehat dari orang-orang seperti temannya, saudaranya, orang yang lebih tua, dan bahkan orang tuanya sendiri. Jadinya perbuatan mereka banyak salahnya ataupun kesalahan - kesalahan dan sebenarnya mereka bisa menghindari jika mereka maau mendengarkan nasehat-nasehat  yang sudah diberikan dari orang-orang terutama orang tua karena mereka pasti punya pengalaman yang lebih dari dirinya. sikapnya seperti itu tidak mau mendengarkan nasehat membuat dirinya seperti sombong dan acuh tak acuh. Dari mendengar nasehat itulah kita bisa menghormati perkataan orang yang lebih tua, karena kita hanya perlu untuk mendengarkan nasehat dan jika memang nasehat  tidak sesuai dengan kita ya tidak usah dilakukan tetapi kita walaupun tidak menjalankan nasehatnya kita masih sopan dan bijak untuk mendengarkan nasehatnya.

     Dari pertanyaan tersebut saya menambahkan dengang menanyakan " apakah ada hal lain selain tidak mau mendengarkan nasehat ?" , saudara Adit menanggapi bahwa hal yang lain yang dilakukan generasi muda adalah misalnya ada pemberitahuan ini ini ini untuk tidak melakukannya tetapi mereka tetap saja melakukannya, dan hal lainnya seperti merokok mungkin kesalahan yang umum tetapi sikapnya yang merokok diarea yang tidak diperbolehkan merokok membuatnya bukan menjadi contoh yang baik yang padahal sudah jelas ada larangan merokok ini tetapi pemuda tersebut masih tetap merokok di area larangan tersebut yang padahal dampak negatifnya bagi orang - orang yang tidak merokok diarea tersebut dan bahaya untuk ibu yang sedang mengandung.


Selanjutnya menuju ke pertanyaan kedua,

    Kegiatan apa yang diikuti di masyarakat oleh saudara Adit ?, saudara Adit menjelaskan bahwa kegiatan yang diikuti adalah karang taruna, dan yang saudara Adit lakukan dikarang taruna adalah mengurusi kegiatan masyarakat sekitar misalnya membantu dihari-hari atau perayaan besar seperti perayaan maulid nabi atau acara 17 agustusan, melakukan bersih-bersih dilingkungan sekitar masyarakat mulai dari bersih-bersih kali , mengecat dinding-dinding yang sudah terkelupas catnya, menyantuni anak-anak yatim di sekitar perumahan kami dan saudara Adit menjelaskan bahwa dampak dari mengikuti karang taruna adalah jadi lebih paham apa yang dibutuhkan masyarakat terutama di sekitar dan apa yang dilakukan di karang taruna menjadi nilai positif bagi masyarakat sekitar.

       lalu saya menambahkan bahwa kegiatan apa yang saudara Adit ikuti di kampus ?, Saudara Adit menanggapi bahwa kegiatan yang ia ikuti di kampus adalah fajrul islam yang kegiatannya pasti bakal berhubungan di masyarakat kampus maupun luar karena fajrul islam sebuah ukm yang berjgerak dalam keagamaan agama islam di kampus Universitas Gunadarma.

Selanjutnya pertanyaan terakhir yaitu pertanyaa ketiga,

      Apa arti penting pendidikan dan untuk apa pendidikan itu menurut saudara Adit ? menurut saudara Adit arti penting pendidikan adalah apa yang kita butuhkan dan mencoba memberikan bantuan yang bermanfaat berupa ilmu-ilmu yang akan diterapkan oleh orang-orang yang berpendidikan dan pendidikan itu adalah suatu cara untuk memberi tahu agar orang menjadi tahu dan menurut saudara Adit jika karena kalau kita tidak tahu apa-apa ya pasti orang-orang pilihannya mencoba sesuatu hal yang baru dan mungkin bisa melakukan kesalahan bisa juga mungkin berhasil ada juga yang diam saja, jadi intinya pendidikan itu penting bagi kita karena kalau kita tidak tahu apa-apa ya kita susah juga dan harus mencoba hal yang baru dan memiliki resiko kesalahan, saya menambahkan "minimal pendidikan yang bisa dilakukan pada sekarang menurut saudara Adit ?"lalu menurut saudara Adit bahwa pendidikan itu minimal SMA karena kalau SMP walaupun ilmunya sudah cukup itu masih terlalu dasar belum terlalu berlanjut dan misal kalau dia ingin melanjutkan kerja juga susah, karena lulusan kuliah S1 saja sekarang sulit untuk mencari kerja yang bagus apa lagi hanya lulusan SMA bahkan SMP.

        Untuk apa pendidikan itu ?, Saudara Adit menjelaskan pendidikan itu untuk mencari nafkah untuk kedepannya jika sudah masuk dunia kerja, kepentingan-kepentingan keperibadian sendiri, untuk mencari dan mendapatkan apa yang kita inginkan seperti ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya yang nantinya bakal diterapkan didunia kerja. Karena tanpa pendidikan menurut saudara Adit roda yang dilalui itu susah dan keras.

Itulah ketiga pertanyaan yang saya berikan kepada saudara Adit dan saudara Adit pun dapat menjawab, menjelaskan, menceritakan, dan menganggapi masalah dari pertanyaan-pertanyaan apa yang telah saya berikan. dan jawaban dari saudara Adit bisa menjadi renungan bagi kita sebagai generasi muda penerus bangsa tinggal kita apakah kita mau dan tidak mau, apakah kita sadar dan tidak sadar tinggal pilih, bangsa ini hancur atau berdiri kokoh.

ini lah foto ketika saya bersosialisasi berupa sebuah wawancara langsung kepada saudara Adit. 


note : saudara Adit di sebalah kanan memakai jaket biru dan saya disebelah kiri memakai jaket hitam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Revolusi Industri 4.0 Berbasis Pancasila

KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS PANCASILA Melihat dari tujuan Negara yang tertuang dalam sebuah pembukaan UUD 1945 adalah se...

Cari Blog Ini

universitas Gunadarma

Translate

Laman